Tekanan Untuk Sukses Dalam Poker

Tekanan Untuk Sukses Dalam Poker

Apakah Anda seorang pemain biasa atau profesional, selalu ada beberapa elemen tekanan untuk berhasil dalam idn poker. Poker adalah permainan kompetitif dan sama seperti apapun dalam hidup, anda ingin melakukan yang terbaik. Namun keinginan untuk menang ini terkadang bisa menjadi penghalang untuk mencapai kesuksesan. Dalam artikel ini saya akan berbicara tentang kecenderungan yang mungkin tidak anda sadari, dampaknya, dan bagaimana anda dapat meningkatkan permainan anda sebagai hasilnya.

Ada banyak cara yang mungkin menciptakan stres dalam permainan yang tidak anda sadari. Berikut adalah beberapa yang umum:

Harapan yang Terlalu Tinggi

Jika Anda menetapkan tujuan untuk memiliki bankroll tertentu atau menghasilkan sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu, dan anda tidak berada di tempat yang anda inginkan, ini dapat menambah tekanan ekstra untuk permainan poker anda. Anda mungkin juga memiliki harapan untuk mencapai tujuan ini lebih cepat daripada yang realistis. Jika Anda berkembang dengan baik dan di jalur yang benar, tekanan ini tidak menjadi masalah. Tetapi jika Anda mulai dengan buruk dan terlalu fokus pada hasil anda, ketidaksabaran dapat muncul dan mempengaruhi permainan anda.

Persepsi yang Salah tentang Keterampilan Anda

Anda mungkin berpikir bahwa Anda adalah seorang yang tangguh karena sedang berada di jalur yang bagus atau anda baru saja memenangkan turnamen poker, tetapi itu tidak berarti anda siap untuk menghadapi Phil Ivey sang legenda poker profesional. Bersikaplah realistis dengan diri sendiri. Jika anda berpikir Anda lebih baik dari yang sebenarnya, Anda dapat menipu diri sendiri untuk percaya bahwa anda harus menang setiap kali anda duduk untuk bermain. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan, Anda harus siap untuk tetap netral secara emosional atau tekanan ekstra ini dapat membawa anda mengejar kejayaan sebelumnya dan menghabiskan semua uang yang baru saja Anda menangkan.

Tekanan Untuk Sukses Dalam Poker

Menetapkan Tujuan Untuk Setiap Sesi

Anda juga dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada diri sendiri dengan menetapkan tujuan untuk sesi poker individu. Ini bisa saja untuk memenangkan jumlah tertentu dalam permainan uang atau memenangkan turnamen tertentu. Jika Anda sedang down untuk sesi tersebut, anda mendapatkan short-stack atau telah gagal dari beberapa turnamen idn poker, tekanan ekstra ini dapat menyebabkan pemaksaan pot atau mengejar kerugian yang menciptakan lingkaran setan untuk menghabiskan uang.

Berharap Hal Baik Terjadi

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap menunggu hand untuk bermain dan berharap untuk situasi yang baik. Ketika anda mati kartu, itu bisa membuat frustasi. Harapan dan penantian ini dapat mulai membebani dan membutakan anda dari mengamati dinamika meja dan situasi yang menguntungkan. Anda mungkin terlalu lama untuk all-in atau check/fold dengan frustasi ketika AQ anda melewatkan flop, kehilangan kesempatan untuk memenangkan pot.

Daya Saing & Ego

Bagi sebagian orang, tekanan untuk sukses datang dari membenci kekalahan. Ini adalah hal kontrol. Ketika anda kehilangan pot, bahkan pot kecil, itu memakan anda. Anda bahkan mungkin mulai marah tentang orang-orang yang mencuri blind anda atau menganggap setiap saat semua orang menggertak anda.

Perfeksionisme

Bagi sebagian orang, tekanan untuk bermain poker dengan sempurna dan tidak melakukan kesalahan sudah cukup membuat mereka cemas. Pertama kali mereka membuat keputusan yang mereka anggap “buruk”, hal itu menyebabkan mereka menebak-nebak setiap keputusan selanjutnya dan melumpuhkan pengambilan keputusan mereka. Mereka bermain begitu takut membuat kesalahan sehingga kesalahan terbesar adalah tidak bermain poker sama sekali.

Benang merah di balik semua faktor tekanan ini adalah bahwa faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang buruk atau penuh dengan Tilt. Emosi dari setiap situasi dapat mengaburkan penilaian dan menyebabkan anda bermain tidak sabar atau terlalu malu-malu. Dalam sesi tertentu, Anda mungkin mulai berspekulasi dengan terlalu banyak hand marjinal, terlalu banyak menggertak, atau menempatkan orang di hand yang anda ingin mereka miliki untuk membenarkan keputusan tilt. Selama periode waktu yang lebih lama, tekanan untuk berhasil ini juga dapat menyebabkan lompatan sebelum waktunya karena anda mengejar hasil atau memaksa diri anda untuk bermain poker karena anda telah kalah akhir-akhir ini dan mencoba untuk mengimbangi. Semuanya adalah bencana bagi uang Anda.

Tekanan & Tilt

Salah satu poin utama dari artikel ini adalah untuk menyampaikan bahwa perasaan Tilt yang anda alami setelah melakukan keputusan yang buruk bukanlah akibat dari keputusan itu sendiri, tetapi tekanan internal yang anda berikan pada diri Anda sendiri. Menurut psikolog olahraga & poker Jared Tendler, Tilt pada dasarnya adalah momen ketika sesuatu yang tidak anda inginkan terjadi. Anda marah ketika permainan tidak berhasil atau anda merasa down dan kemudian menyalahkan diri sendiri karena melakukan kesalahan atau lebih buruk lagi, menyalahkan dewa poker karena menjatuhkan anda. Ketika suatu saat itu terjadi, itu tampaknya tidak mempengaruhi anda, tetapi sebagian besar akan membuat perasaan Tilt meningkat. Ini dimulai dengan kesalahan kecil dan kemudian mungkin anda melewatkan Flop dengan AK dan anda check-raised, maka Aces anda akan hancur. Hal berikutnya yang Anda tahu, jantung anda berdebar kencang, leher anda tegang dan anda mengerucutkan bibir. Semua penilaian tertutup dan hand berikutnya yang anda dealt adalah JJ…sebuah bencana menunggu untuk terjadi.

 

 

Bagaimana Anda Dapat Mengurangi Tekanan Ini?

Sementara banyak dari tekanan internal ini adalah bagian dari struktur yang membuat Anda menjadi diri Anda sendiri, semua keterampilan dapat ditingkatkan seiring waktu. Kunci untuk mencegah tilt agar tidak bermanifestasi adalah mengenali tanda-tanda halus saat pertama kali terjadi. Ada beberapa teknik yang dapat anda gunakan dari awal untuk mencegah dan tetap fokus pada permainan “A” anda.

Teknik Three Rs

Satu teknik untuk menghadapi situasi tekanan disebut The Three R’s. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, anda dapat mengurangi tekanan dan fokus bermain poker dengan solid.

Recognize (kenali) – Perhatikan seberapa tegang otot leher atau perut anda. Apakah kaki anda terbungkus erat di kursi Anda? Apakah anda mengerucutkan bibir dan memukul-mukul chip Anda? Jika demikian, ini pertanda baik untuk menenangkan diri dan tidak menganggapnya serius. Anda harus terlebih dahulu menyadari bahwa permainan anda sedang dikompromikan.

Relax (santai) – Ini bisa berupa mengambil napas lambat/dalam atau melakukan rutinitas yang menenangkan saraf anda seperti rifling chips. Anda mungkin juga hanya ingin menjauh dari meja poker sebentar.

Refocus – Setelah anda tenang, saatnya untuk fokus pada tugas yang ada. Lupakan hasil masa lalu dan tanyakan pada diri sendiri “Apa pekerjaan saya saat ini?” Berapa ukuran stack saya dan bagaimana ini mengubah strategi poker saya? Bagaimana orang lain melihat permainan saya? Bagaimana orang lain bermain? Berapa hand range lawan saya? Kunci untuk memfokuskan kembali adalah untuk tetap proaktif dengan pemikiran logis tentang yang berlangsung dan bukan yang emosional.
Dan ingat bahwa seperti di hand individu, anda tidak bisa berorientasi pada hasil dalam poker. Anda harus fokus untuk membuat keputusan jangka panjang yang menguntungkan dan hasilnya akan terlihat dari waktu ke waktu. Tetap terpisah secara emosional dari setiap situasi dan percayalah pada naluri anda untuk membuat keputusan yang tepat.

Keterampilan mental sama seperti keterampilan dalam poker lainnya. Untuk menguasainya, mereka harus dilatih dari waktu ke waktu untuk menjadikannya bagian dari alam bawah sadar anda. Anda harus terus bekerja pada permainan mental anda setiap kali anda bermain poker. Dan bahkan ketika anda berpikir telah menguasainya, tekanan masih dapat muncul dengan sendirinya dalam situasi baru. Ini bisa berupa peningkatan limit, ikut turnamen poker besar atau apa pun yang dapat menyebabkan anda menambah tekanan untuk berhasil. Tetapi mengetahui hal ini sebelumnya dan tidak berpikir anda kebal terhadap kecenderungan ini akan membantu anda mengenalinya dan bangkit untuk kesempatan itu, tidak peduli seberapa besar.

Leave a Reply